Rabu, 14 Maret 2012

5 AIR TERJUN TERTINGGI

1. Air Terjun Angel
    

    Air terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinngian 979 meter (3.212 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Sante Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh Penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan "Air Terjun Angel" untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Ketinggian resminya 
ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949.



2. Air Terjun Tugela


    Air terjun Tugela terletak di wilayah Kwazulu Natal, Afrika Selatan. Ketinggian total air terjun ini adalah 3.110 kaki (948 m) yang terdiri dari lima tingkat dengan satu bagian tertinggi mencapai 1350 kaki (411 m). Aliran air terjun Tugela dimulai dari sebuah ruang terbuka yang dikenal sebagai Mont Aux Sources. Air terjun ini sangat tipis dengan lebar sekitar 50 kaki (15 m) dan volumenya sekitar 50 meter kubik per detik.



3. Air Terjun Three Sisters


    Merupakan air terjun bertingkat. Air terjun Catarata Parijaro yang merupakan bagian dari air terjun Three Sisters mempunyai ketinggian 877 kaki (267 m). Air terjun Three Sisters sementara ini baru bisa diamati dari udara karena lebatnya hutan Amazon yang ketinggian pohonnya bisa mencapai 100 kaki (33 m lebih). Menurut perkiraan, ketinggian air terjun ini mencapai 3.000 kaki (914 m).



4. Air Terjun Olo' Upena


    Terletak di pulau Molokai, Hawaii. Pulau Molokai dikenal sebagai hawaii tulen, karena daerah ini masih relatif terisolasi. Kebanyakan orang tidak pernah melihat atau mendengar tentang air terjun Olo' Upena dan penggemar air terjun sejauh ini telah mengumpulkan informasi tentang air terjun ini hanya dengan melakukan foto melalui udara. Dikelilingi oleh perbukitan besar di kedua sisinya, air terjun Olo' Upena hanya memiliki volume air yang sedikit dan keunggulannya hanya terletak pada tingginya air terjun saja. Dengan ketinggian 2.953 kaki (900 m), air terjun Olo' Upena mengalahkan dua air terjun tertinggi di AS yang semuanya terletak di Hawaii.

5. Air Terjun Yumbilla


    Terletak di Amazon wilayah Peru. Air terjun Yumbilla adalah sebuah air terjun bertingkat dengan empat air terjun dan merupakan air terjun yang belum lama ditemukan. Ketinggian air terjun ini adalah 2.937 kaki (895,4 m) menurut pejabat National Geographic Institute (ING), Peru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar